Rabu, 02 April 2014

Pelayanan Posyandu di Mampang Prapatan

penimbangan berat badan di Posyandu
Posyandu merupakan bentuk dukungan pemerintah melalui kelurahan menunjuk petugas posyandu dengan memberikan pelayanan kesehatan terpadu untuk meningkatkan gizi balita yang diselengarakan pada masing-masing RW / Rukun Warga sekali dalam sebulan. Posyandu ini diadakan di sekretariat dan balai warga RW 03 kelurahan mampang prapatan Jakarta Selatan.
Setiap Ibu rumah tangga diharapkan datang membawa anak balitanya ketempat pelayanan Posyandu, konfirmasi kedatangan dengan mengisi buku pendaftaran.

Pelayanan untuk anak balita berupa timbang badan dan pengukuran tinggi badan, dan pengukuran lebar kepala balita.

Menggunakan timbangan gantungan tidak diminati anak-anak karena sebagian besar anak menangis saat dimasukkan dalam karung untuk ditimbang, para orang tua lebih memilih cara konvensional dengan timbangan pijakan kaki. Memang menggunakan timbangan digital model baring lebih disarankan untuk anak usia dibawah 2tahun, untuk menghindarkan trauma karena timbangan gantungan.
Hasil penimbangan berat badan ditulis pada sebuah Kartu Posyandu atau KMS / Kartu Menuju Sehat yang dibedakan menurut jenis kelamin perempuan dan laki-laki hingga anak berusia 5tahun
Pada kartu KMS ini terdapat grafik antara berat badan (KG) dan umur (bulan) dengan pita garis warna hijau tua, hijau muda, kuning dan garis merah sebagai batas pertumbuhan anak atau batas bayi kurang gizi. Diharapkan pertumbuhan berat badan anak naik mengikuti garis pertumbuhan ditunjukkan dengan grafik berada didalam garis berwarna hijau tua ataupun berwarna hijau muda. Kartu KMS ini digunakan hingga anak usia 5tahun
Pengukuran tinggi badan lebih menyenangkan dilakukan anak balita dan khusus pengukuran lebar kepala dilakukan setiap kelipatan 3bulan usia balita. 
Setelah pengisian kartu KMS balita selesai, petugas posyandu memberikan makanan untuk anak balita berupa telor, susu terkadang bubur kacang hijau secara gratis dan terkadang balita mendapatkan Vitamin A.  Memang pelayanan Posyandu terbatas dari pelayanan kontrasepsi Keluarga Berencana dan pemberian imunisasi seperti BCG, DPT, Polio, Hepatitis B tidak diberikan pada posyandu namun dirujuk langsung ke puskesmas, karena terbatasnya tenaga ahli untuk ikut ambil bagian menjadi petugas posyandu.
Semoga dengan adanya pelayanan posyandu ini dapat meningkatkan gizi bayi dan balita di RW 03 kelurahan mampang.
pengukuran lingkar kepala dan tinggi badan balita

mengukur berat badan dan tinggi badan balita

membagikan makanan gratis untuk balita di posyandu

tempat pelayanan posyandu di balai warga RW03 mampang

grafik timbang badan pada kartu KMS Posyandu