Jumat, 04 Oktober 2013

Habisnya persediaan plat nomor kendaraan

Penulis mencoba menceritakan kembali proses pengurusan perpanjangan plat nomor tiap 5 tahunan yang telah habis masa berlakunya, penulis melakukan proses pengurusannya sendiri. Penulis menuju lokasi yang berada di komdak Jakarta Pusat, untuk proses ini dimulai dengan membawa motor ke belakang gedung untuk mengikuti proses cek fisik motor dengan gesek nomor rangka dan nomor mesin. Mengambil stiker pada loket yang telah disediakan tanpa dipungut biaya, lalu mengantri ke petugas untuk gesek nomor rangka motor dan nomor mesin. Proses tidak memakan waktu lama, hanya sedkitar 5 menit telah mendapatkan gesek nomor rangka dan nomor mesin karena kepiawaian dari petugasnya. Setelah mendapatkan berkas gesek nomor rangka dan nomor mesin motor, penulis menuju loket perpanjangan STNK nomor 3 dengan melampirkan berkas fotocopy BPKB, fotocopy KTP dan fotocopy STNK. Untuk memudahkan proses telah disediakan tempat fotocopy yang berada bersebelahan dengan loket pengambilan hasil cek fisik. Sambil menunggu proses pemanggilan proses cek fisik, penulis memakirkan motor terlebih dahulu ditempat yang telah disediakan, karena ada beberapa juga yang melakukan cek fisik kendaraan bermotornya. Sekembali dari tempat parkir motor, penulis menuju kembali kebelakang gedung menuju keloket pengambilan hasil cek fisik dan mendapat hasil berkas cek fisik yang telah disetujui oleh petugas.
Penulis ke Lantai 4 "perpanjangan dan pengesahan kendaraan roda dua" menuju ke loket untuk pengambilan formulir dan mengisi dengan data yang diperlukan seperti identitas kendaraan bermotor pada STNK dan pemilik motor.Setelah formulir pendaftaran perpanjangan STNK diisi lalu diajukan ke loket perpanjangan STNK  dengan melampirkan berkas formulir pendaftaran yang telah diisi, bukti cek fisik nomor rangka dan nomor mesin, fotocopy STNK, fotocopy BPKB, fotocopy KTP dengan melampirkan KTP asli pemilik kendaraan bermotor.

Memberikan berkas dan mendapat nomor bukti penyerahan berkas dan nomor bukti penyerahan KTP asli. Sekitar 15 menit kemudian dipanggil kembali, mendapatkan berkas yang telah disetujui dan mendapatkan kembali KTP asli. Kemudian membawa berkas ke loket PAJAK untuk melakukan pembayaran pajak STNK dengan biaya Rp 250.000,-
Duduk menunggu proses pencetakan STNK sekitar 15 menit, tidak lama kemudian dipanggil kembali untuk mendapatkan STNK dan pajak kendaraan yang baru tanpa mendapat plat motor baru yang telah habis masa berlakunya. memang untuk penyediaan plat nomor baru belum ada dan akan dihubungi oleh petugas nantinya. Wah... ternyata bisa juga kehabisan persediaan Plat nomor, dan untuk persediaan plat nomor kendaraan terkendala untuk pengadaannya. Lama waktu untuk proses pengurusan perpanjangan ini tidak memakan waktu yang lama, kurang dari 2 jam telah selesai.